Buka Puasa Bersama Yatim Piatu

Denpasar (9/5/2021). Menyemarakan bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 dan dalam rangka memupuk rasa cinta kepada anak-anak yatim piatu, jajaran pengurus LPPOM MUI Provinsi Bali melaksanakan Buka Puasa Bersama Ramadhan 1442, pada Ahad, 9 Mei 2021 di Panti Asuhan Putra YAPPA Denpasar. Hadir dalam acara tersebut adalah Direktur LPPOM MUI Provinsi Bali, apt. Aji Pamungkas, S.Si., Ketua Komisi Fatwa MUI Provinsi Bali, Dr. Fauzi Hamid Abbas, Lc.,MA, Anggota Komisi Fatwa MUI Provinsi Bali, Ustadz Muhammad Saknan, Lc., dan para pengurus & staf LPPOM MUI Bali.

Panti Asuhan YAPPA Denpasar yang berada di kawasan Sesetan, Denpasar ini adalah salah satu panti asuhan tertua di Bali, yang berdiri sejak 1970-an. Saat ini Yayaasan menyantuni dan menampung 40 anak laki-laki dan 29 anak perempuan, di dua lokasi pemondokan/asrama, yaitu di kawasan Sesetan (putra) dan kawasan Sidakarya (putri). Seluruh anak-anak yang ditampung dalam usia sekolah, dari usia sekolah dasar hingga SMA/sederajat. Yayasan ini juga mendirikan satu unit koperasi sebagai wujud upaya kemandirian ekonomi lembaga dan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Acara buka puasa ini diisi dengan tauziah oleh kedua ulama di atas. Ustadz Budi, salah seorang pengasuh, menyampaikan rasa syukur atas kegiatan ini terutama menambah pengetahuan mengenai halal sebagai bekal anak-anak di kemudianhari. Direktur LPPOM MUI Bali, selanjutnya memaparkan pentingnya kita mengetahui kehalalan suatu produk, menyampaikan sejarah & kiprah LPPOM MUI Provinsi Bali selama 28 tahun di Bali.

Ustadz Fauzi Basuthanah dalam tauziah-nya menyemangati anak-anak penghuni pondok agar giat menuntut ilmu agama & ilmu pengetahuan, agar kelak menjadi insan yang cerdas, kuat, dan memiliki kemampuan mandiri. Disampaikan pula bahwa saat ini terbuka peluang lebar bagi siswa berprestasi untuk memperoleh beasiswa belajar ilmu agama. Beliau juga menekankan pentingnya agar sejak usia sekolah menanamkan niat untuk menjadi manusia dengan “tangan di atas” dan menghindari menjadi kaum yang “tangan di bawah”.

Dalam kegiatan ini, juga diserahkan santunan tunai dari para pengurus LPPOM MUI Bali kepada pengurus YAPPA Denpasar. Kegiatan diakhiri dengan ramah-tamah ba’da melaksanakan shalat maghrib berjamaah. (Sos).


Informasi:

Panti Asuhan
Yayasan YAPPA Putra
Jl. Tukad Pule No.7A, Sesetan, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80225
(0361) 236416
https://maps.app.goo.gl/tmtm6wi8XoQqVJ9s7