Wisata Halal Siswa SMP Muhammadiyah 2 Denpasar

Hari Senin 29 November 2010 dipagi hari yang cerah, murid-murid SMP Muhammadiyah2 kelas 3 dengan seragam olah raga telah berkumpul di depan sekolah sambil menunggu kendaraan yang akan membawa mereka ber-Wisata Halal. Murid-murid membawa perlengkapan berupa ransel dan alat tulis. Para guru juga sudah bersiap-siap. Ketua Komite Orang Tua Murid Bapak juga telah hadir siap untuk mengantar dan menemani murid-murid. Terlihat Kepala Sekolah Bapak Sugiono sedang berbincang dengan Wakil Kepala Sekolah Bapak Yakob.

Tepat pukul 07.45 kendaraan sebanyak 2 buah berangkat beriringan melaju menuju pabrik pengolahan Daging PT. Aroma di jalan raya Ngurah Rai Denpasar dekat dengan pembangkit listrik PT. Indonesia Power.  Beberapa saat tibalah mereka di lokasi pabrik. Pihak pabrik yang diwakili oleh Manager HRD Bapak Andre dan pihak LPPOM Bapak Drs. Ir. H. Mochammad Iman, MBA menyambut kedatangan murid-murid. Sebelum masuk ke dalam pabrik, Bapak Iman dari LPPOM memberikan penjelasan sekilas tentang pabrik yang dikunjungi dan membagikan PIN berlogo Halal kepada semua murid dan guru. Acara dilanjutkan dengan kuis Halal seri I, yaitu mengerjakan soal seputar pengertian Halal dan diambil 3 orang pemenang yang berhak mendapat hadiah Jurnal Halal.

Bapak Andre mempersilahkan murid-murid masuk menuju ke aula dilantai 2. Bapak Andre membuka acara dengan memperkenalkan diri dan memberikan sambutan. Kemudian kesempatan diberikan kepada Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah2 Bapak Sugiono untuk memberikan sambutan.  Dengan mengunakan layar LCD yang besar, Bapak Andre memberikan penjelasan presentasi mengenai profil perusahaan, sejarah berdirinya, proses produksi dan produk-produk yang dihasilkan, seperti Baso Ayam, Baso Sapi, Sosis Ayam, Sosis Sapi dan produk-produk lain. Murid-murid menyimak dan mendengarkan secara serius penjelasan yang diberikan Bapak Andre. Direktur Utama PT. Aroma Bapak Adrianto Mulya memberikan kesempatan diskusi dan tanya jawab. Acara berikutnya adalah kunjungan kedalam area proses produksi. Murid-murid diberi kesempatan masuk kedalam area produksi sebanyak 10 orang setiap gelombang. Mereka diwajibkan mengenakan topi khusus, pakaian khusus mirip jas lab, dan sepatu boot dari plastik.

Setelah semua murid melihat ke dalam area produksi, perusahaan  menjamu murid-murid dengan berbagai jenis sosis ayam, sosis sapi, baso ayam, dan baso sapi. Selesai menyantap produk yang disajikan, murid-murid berpamitan untuk melanjutkan perjalanan wisata Halal.

Tujuan berikutnya adalah menuju ke pabrik es PT. Top Kristal. Di pabrik es murid-murid disambut oleh P. Syaiful mewakili perusahaan. Setelah mendapatkan penjelasan singkat tentang perusahaan dan proses produksi, murid-murid diberi kesempatan untuk melihat-lihat area produksi. Produk yang dihasilkan adalah es balok, es tube dan es carving.  Selesai berkeliling area dan mengambil foto, murid-murid berpamitan untuk melanjutkan perjalanan. Karena waktu sudah menjelang siang, murid-murid berangkat menuju mesjid dekat bandara, untuk melaksanakan shalat zhuhur dan dilanjutkan makan siang sambil beristirahat. Sambil beristirahat, murid-murid mengikuti acara kuis Halal seri II. Hadiahnya sama dengan kuis Halal seri I.

Perjalanan terakhir menuju ke PT Aroma Citra Catering (ACS), berlokasi dekat dengan bandara Ngurah Rai.

Di PT ACS murid-murid disambut oleh Bp. Indra Jatmika, HR Manager. Beliau  memberikan penjelasan mengenai profil perusahaan, sejarah berdirinya, serta proses produksi. PT ACS memproduksi catering untuk melayani maskapai penerbangan baik penerbangan dalam negeri maupun luar negeri.  Murid-murid diberi kesempatan untuk berkeliling ke area dapur tempat membuat catering. Setelah puas berkeliling, murid-murid berpamitan dan mengakhiri perjalanan wisata Halal ini untuk kembali pulang ke sekolah ( Moch. Iman, auditor LPPOM MUI Prov Bali )