Silaturahim AHI dan Pelatihan SJH 2012

Bertempat di Aula Gedung Keuangan Negara I Renon Denpasar, pada hari Sabtu 15 Desember 2012, LPPOM MUI Provinsi Bali mengadakan acara Silaturahim Auditor Halal Internal dan Pelatihan Sistem Jaminan Halal, Acara ini diikuti oleh 75 peserta dari 50 perusahaan terpilih, dan dihadiri oleh Ketua MUI Provinsi Bali H. Taufik As’adi, S.Ag, Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan di Denpasar Dra. Corry Panjaitan, Apt, Perwakilan Kementerian Agama Provinsi Bali, Perwakilan Komisi Fatwa MUI Bali, dan Para Utusan MUI Kabupaten / Kota.

Dalam sambutannya Direktur LPPOM MUI Provinsi Bali H. Roichan Muchlis mengutarakan walaupun dalam bulan yang cukup sibuk karena pada umumnya produksi makanan olahan  sedang meningkat karena acara akhir tahun, acara ini tetap diselenggarakan untuk menjalin silaturahim antar Auditor Halal Internal (AHI) dan juga menambah wawasan akan pentingnya penerapan Sistim Jaminan Halal (SJH) di perusahaan masing – masing.

Materi pelatihan yaitu Konsep Halal Haram menurut Islam disampaikan oleh H. Badrut Tamam, STP, MBiotech.St., Pengetahuan Bahan Halal oleh Dra. Hj. Inna Narayani, MSc., Persyaratan Penyembelihan Hewan Halal oleh Drh. Mas Djoko Rudyanto, MS, Implementasi SJH oleh Aji Pamungkas, SSi, Apt., Pengenalan CEROL SS 23000 oleh Subiyantoro dan terakhir pembicara tamu dari PT. Aerofood Indonesia unit Denpasar Sriyanto, SE berbagi pengalaman tentang gambaran penerapan SJH di perusahaannya.

Pelatihan SJH diakhiri dengan simulasi pembuatan SJH secara berkelompok sesuai jenis perusahaan masing masing yaitu, kelompok Penyembelihan Hewan, Rumah Makan, Makanan Olahan, dan Kosmetika & Obat Tradisional

( Aji Pamungkas, Sekretaris LPPOM MUI Bali )