Kunjungan Kuliah Kerja Lapangan Prodi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember

KKL-UNEJ-2018

Kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Program Studi S1 Ekonomi Syariah, Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember.

Pada hari Rabu, 20 Maret 2018 bertempat di Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Badung, yang beralamat di Masjid Nurul Huda Tuban Kuta lantai dua, MUI Provinsi Bali mendapat kunjungan dari Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah, Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, bertujuan melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Sekitar 30 mahasiswa datang didampingi oleh Koordinator Program Studi S1 Ekonomi Syariah DR. M. Fathorrazi,MSi., tujuan KKL ini adalah untuk mengetahui secara langsung kegiatan kegiatan MUI Bali, dan untuk memperoleh pengetahuan secara teknis tentang lembaga yang bersangkutan, sehingga mahasiswa dapat membandingkan antara teori dan praktek, diharapkan dengan KKL ini dapat memberikan bekal pengalaman praktis dan empiris bagi mahasiswa untuk terjun ke masyarakat.
Dari MUI Bali hadir Ketua Umum yaitu H.Taufik As’adi,SAg, Ketua Bidang Ekonomi Umat H.Sigit Sunaryanto,SE. Ketua Komisi Ekonomi Umat Pinto Wahyudi, dan Direktur LPPOM MUI Bali Aji Pamungkas, SSi, Apt.

Mahasiswa mendapatkan pengarahan dari Ketua MUI Bali mengenai manfaat berwisata dilihat dari kacamata agama, kemudian Direktur LPPOM MUI Bali juga memberikan paparan mengenai proses sertifikasi halal, dan tidak lupa dari Ketua Bidang Ekonomi Umat menutup dengan kondisi perekonomian umat Islam di Bali yang dipandu oleh Sekretaris MUI Kabupaten Badung.

Mahasiswa sangat antusias dengan juga bertanya kepada ketiga narasumber, terutama kekaguman mereka terhadap umat Islam Bali walaupun minoriyas, tetapi dapat tetap dapat bisa menjalankan ibadah di masyarakat Bali yang sangat menjaga adat istiadat.

Turut hadir juga pengurus dan auditor LPPOM MUI Bali Drh. H. Pudji Rahardjo,MS, Drh. Mas Djoko Rudyanto,MS, Dra.Hj. Inna Narayani,MSc, DR.Irdhawati,SSi,MSi, dan Jatmiko Wiwoho (aji)