Auditor LPPOM MUI Bali Mengikuti Pelatihan Auditor Halal Nasional

Yogyakarta – Untuk menghasilkan tenaga auditor halal nasional di seluruh LPPOM MUI tingkat propinsi, sekaligus menyamakan standar auditing dan pemeriksaan halal di seluruh daerah di Indonesia, maka perlu diadakan pelatihan auditor halal nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Ir. Sumunar Jati yang mewakili Direktur LPPOM MUI Pusat dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan tersebut di Yogyakarta, pada 29-30 Juli 2011.

Dalam sambutan pembukaan pada pelatihan nasional yang diikuti oleh lebih dari 40 auditor halal dari LPPOM MUI DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Lampung, Kalimantan Timur, Bali dan Sulawesi Utara, K.H. Toha, Ketua MUI DIY, mengemukakan, tugas ulama adalah memandu umat dengan fatwa, sedangkan LPPOM MUI melakukan pengkajian dan penelitian pangan.

Keduanya bersinergi melindungi umat dari pangan yang meragukan dan terlebih lagi dari makanan yang diharamkan, dengan proses sertifikasi halal. Hal ini tentu harus dilakukan dengan konsisten serta istiqomah terutama dalam menanggapi pembahasan RUU JPH yang kini tengah berlangsung menghangat di DPR, juga upaya-upaya pihak tertentu yang akan mengambil-alih peran dalam proses sertifikasi halal di Indonesia.

Selain Ir. Sumunar Jati, turut memberikan materi pelatihan adalah Ir. Nurwahid, M.Si., dari LPPOM MUI Pusat. Pemateri berikutnya adalah Dr.Ir. Trijoko Wisnumurti serta Prof.Dr.Ir. Umar Santoso dari LPPOM MUI DIY.

Pelatihan serupa telah pula dilaksanakan di Makassar untuk wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Ini merupakan rangkaian pelatihan yang akan diselenggarakan di seluruh LPPOM MUI daerah. (Usm)

(sumber: www.halalmui.org)