200-an Siswa SD Mengikuti Sosialisasi Halal

Denpasar, 29/5/2018. Menyemarakkan datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H/2018, LPPOM MUI Bali melaksanakan sosialisasi halal kepada siswa sekolah dasar di Denpasar.

Bersama dengan Perguruan Muhammadiyah, kegiatan sosialisasi halal merupakan program tahunan. Tahun ini, sosialisasi dilaksanakan secara serempak di SD 1, 2, 3, dan 4 Muhammadiyah Denpasar, diikuti lebih kurang 200 siswa, pada Selasa, 29 Mei 2018.

Aji Pamungkas, S.Si., Apt., Direktur LPPOM MUI Bali, mengatakan, “Sosialisasi halal ini lebih ditujukan untuk memberi pemahaman mendasar sejak dini mengenai seluk-beluk kehalalan suatu produk, khususnya yang setiap hari dikonsumsi oleh anak-anak.”

“Anak-anak usia sekolah dasar adalah sasaran paling rentan dari peredaran berbagai macam produk konsumsi, khususnya makanan dan minuman. Dengan bekal pengetahuan dasar mengenai kehalalan, kami harapkan anak memiliki kemampuan membedakan kehalalan suatu produk sehingga lebih berhati-hati sebelum membeli produk makanan-minuman,” tambahnya.

Materi sosialisasi antara lain mengenai apa itu halal, kriteria halal, contoh-contoh produk halal/haram/subhat, dll, serta sekilas tentang LPPOM MUI Bali. Agar lebih menarik, para siswa diajak menyaksikan tayangan video animasi. Dan pada akhir presentasi, siswa diuji dengan beberapa kuis berhadiah.

Nikmatul Rijza, S.Si., auditor dan pemateri di SD Muhammadiyah 3 Denpasar mengatakan, “Para siswa sangat antusias selama┬ásosialisasi. Hal ini menandakan besarnya keingintahuan mereka terutama pada produk-produk yang mereka jumpai sehari-hari”.

Para guru di lingkungan SD Muhammadiyah pun menyambut baik kegiatan ini, apalagi kegiatan dilakukan pada bulan Ramadhan. Mereka berharap sosialisasi halal akan makin memperkaya khasanah keilmuan siswa dalam memperkuat iman dan taqwa mereka.

Sosialisasi halal di SD Muhammadiyah 1 Denpasar (29/5/2018).
Siswa SD Muhammadiyah 4 Denpasar berfoto bersama selepas sesi sosialisasi halal (29/5/2018).

Sosialisasi diakhiri dengan sesi foto selfie bersama siswa peserta. (Red.)